INSPIRATORIAL | WISATA ALAM SERU di AUSTRALIA dan SELANDIA BARU

AUSTRALIA dan SELANDIA BARU, dua negara di belahan selatan Bumi, menyimpan pesona yang mampu mengundang pencinta alam untuk menikmati keindahannya.

Bare Island (New South Wales)

HilariusJournyey.wordpress.com® BUKAN rahasia lagi bila kedau negara ini menyimpan sejuta pesona yang mampu menaklukkan hati. Sebut saja Bare Island yang berhasil memikat para sutradara Hollywood untuk mengabadikannya dalam film-film berkelas international. Keindahan pulau ini melatarbelakangi aksi laga dalm film Mission Impossible 2 yang dibintangi Tom Cruise. Maklum saja, pulau yang satu ini memang tampak terkesan milliter dan terasingkan, tetapi memiliki pemandangan alam yang luar biasa menakjubkan.

Berada di sebelah tenggara Sydney, New South Wales, Australia, tepatnya 16 km kea rah selatan dari distrik bisnis pusat, Bare Island terbilang sangat dekat dengan Botany Bay. Pada zaman dahulu, pulau kecil ini digunakan sebagai tempat tinggal suku aborigin dan gweagal. Pada 1770, james cook menemukannya dan sejak itulah nama Bare Island kerap digunakan untuk menyebut tanah ini.

Kemudian pada tahun 1877, pemerintah colonial pada saat itu memutuskan untuk membangun benteng pertahanan yang menghabiskan dana lumayan banya, sekitar 34.000 pounds.

Seiring dengan berjalananya waktu, pada tahun 1967 Bare Island kemudian dimasukkan sebagai New South Wales Parks and Wildlife Service dalam kategori meusum dan taman hiburan keluarga.

Pulau yang sangat eksotis ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang membentang dari La Perouse. Oleh karena itu, ketika menyambanginya, pengunjung bisa sekalian bertandang ke benteng militer dan beberapa terowongan yang dibangun. Menariknya lagi, area ini kini terkenal sebagai lokasi scuba diving terindah di New South Wales. Jika musim panas tiba, lokasi ini akan penuh dnegna pneyelam professional. Varietas seperti kuda laut big belly, sead dragons, pygmy pipehorses, ikan Indian merah, hingga hiu Port Jackson akan menjadi pemandangan yang biasa di sini.

Eksotis

Mitre Peak, Fiorland, New Zealand

Ke Australia takkan lengkap bila tak sekalian menyambangi Selandia Baru. Tatiek Sivawati (49) adalah salah satu warga Indonesia yang tergila-gila akan keeksotisan alam Selandia Baru.

“Selandia Baru tidak hanya menawarkan keindahan alam ,tetapi penduduknya juga sangat welcome dengna pendatang baru sehingga membuat siapa pun yang bertandang ke sana merasa berada di rumah yang nyaman. Belum lagi gerombolan dombanya yang sangat menggemaskan. Setiap kali ada kesempatan ,saya selau ingin kembali ke Selandia Baru,” ungkap Tatiek antusias.

Selandia Baru memang menawarkan sebuah wisata alam yang membaut para wisatawan dapat menikmati negeri yang indah, subur, dengan aneka flora dan fauna yang bebas di alam liar, unik dan langa serta lingkungan yang masih segar tanpa adanya polusi. Di sini wisatawan dapat melakukan segala kegiatan menjelajah alam yang spektakuler dengan aneka permaina olahraga petualangan lainnya seperti bungee jumping dan hiking.

Dari Bandara Internasional Auckland, wisatawan dapat melanjutkan perjalanannya mengelilingi Negeri Kiwi dengan menggunakan tranportasi dari hotel atau menyewa taksi. Wisatawan juga dapat menyewa mobil untuk kemudian melakukan perjalanan ke seluruh negeri atau beberapa destinasi wisata yagn terknal seperti Rotorua, Gua Waitomo, Milford Sound atau Queenstown. Coba anda sambangi Rotura, tepatnya di Waitomo Caves. Di kedalaman gua yang kelam, terlihat sinar yang berpendar, padahal tiak ada lampu di sana. Ternyata ‘sinar’ tersebut dihasilkan oleh binatang sejenis cacing yang menghuni gua-gua (glow worm).

Sementara itu, jika penasaran akan wisata tradisi, Anda bisa menyaksikan pertunjukan kesenian Khas Suku Maori (suku asli yang mendiami Selandia Baru) sambil menikmati makan malam dalam Hangi Dinner. Anda bisa menciicpi kuliner khas Suku Maori yang dimasak dengan cara yang unik.

Routebum Track in New Zealand

Setiap tahunya 2 juta turis datang dari seluruh dunia. Mereka antusias mencari tahu siasa peninggalan alam masa lampau yang masih natural dan terjaga dengan baik di negara ini. Boleh dibilang, Selandia Baru adalah salah satu tujuan wisata favoritpenduduk dunia dan sempat memenangkan berbagai penghargaan di bidang pariwisata pada empat tahun berturut-turut.

Jangan lupa untuk mencicipi buah-buahan asli Selandia Baru seperti buah kiwi, makanan khas suku maori yaitu the hangi yang merupakan campuran daging dan sayuran dengan puding yang dikukus selama beberapa jam, serta kaimona atau makanan laut berupa kerang yang dimasak dengan crayfish (sejensi lobster) dan dicampur dengan bumbu-bumbu khas. [*/hilariusjourney.wordpress.com®] Baca juga :  Inspiratorial | Rehat di Australia Barat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s