INSPIRATORIAL |Yang Klasik dan Bersejarah

#Pemandangan dari Menara Galata kea rah Golden Horn di Istanbul, Turki.

Tukang-Jalan.com® KEUNIKAN pertama yang bisa dijumpai adalah keindahan arsitektur bangunan yang dimilikinya. Terdapat kubah dan menara-menara yang memenuhi langit Istanbul, kota terpenting dan terbesar di Turki. Temukan pula reruntuhan bangunan dari zaman Romawi di sepanjang pantai barat dan selatan. Hal ini menjadi pemandangan kaslik nna apik.

Celsus library ephesus turkey

Ada yang ingin merasakan wisata alam, tak perlu khawatir. Nikmatilah suasana pegunungan yang berkabut dari Laut Hitam Timur. Tak hanya itu, hamparan padang rumput luas di Tengah Anatolia dapat menajdi piliha lain saat ingin mengenal alam sekitar leibh dekat. Kota lain yang tak boleh dilewatkan adalah Efesus. Kota yang semapt menjadi pusat perdagnang pada zaman Kerajaan Romawi ini terletak di pantai barat, 3 km dari Selcuk. Sebagai situs arkeologi besar di Aegean Turki, Efesus juga menawarkan atraksi wisata. Di kota ini, Anda berkesempatan untuk menyaksikan koleksi di puing reruntuhan Kerajaan Romawi di Mediterania Timur. Di antaranya, Great Ampitheatre yang diyakini menjadi teater terbuka terbesar di dunia dengan kapasitas 44.000 penonton. Terdapat pula Kuil Artemis yang merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban dunia Kuno. Peninggalan bersejarah ini semakin memperlihatkan pesona Efesus.

Grand Bazaar Istanbul Turkey

Luas Benua Eropa sebesar 10.507.630 km² memiliki beberapa negara yang dikenal sebagai negara transkontinental. Salah satunya Turki. Negara besar yang berada di kawasan Eurasia ini berada di persilangan dua benua. Akibatnya, negara ini memiliki budaya campuran antara Timur dan Barat. Keunikan ini tentu menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Sisi lain Negara Sanga Dewa

Pesona Turki memang sangat khas dan unik. Akan tetapi, jangan hentikan langkah anda untuk terus bertualang. Jelajahilah negara yang berada di sebelah barat Turki dan temukanlah sisi lain dari Yunani.

Membayangkan Yunani, bisa jadi yang terlintas adalah sebuah negara dengan histori panjang yang mempengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Tak ketinggalan pula sederet nama ilmuwan dan filsuf yang terlahir dari negeri ini, seperti Socrates, Arstoteles, Pythagoras, dan Plato. Namun, siapa yang menyangka jika negara yang terdiri atas 1.400 pulau ini juga memiliki kekayaan alam yang memukau?

Association of Greek Tourism Enterprises memaparkan, sekitar 15 juta wisatawan mancanegara mengunjungi Yunani pada tahun 2010. Ankga ini kemudian meningkat hingga 0,62% di tahun 2011. Sayangnya, jumlah wisatawan sempat mengalami penurunan  sebanyak 169.128 pada Februari 2012 akibat krisis ekonomi. Meskipun demikian, Negara Sang Dewa ini terus menawarkan obyek wisata yang tak kalah menarik.

Paros

Apakah anda pernah menonton film Sisterhood of the Traveling Pants? Film yang dibuat pada tahun 2005 ini menjadikan Pulau Santorini sebagai salah satu lokasi syuting. Pulau yang merupakan kelompok kepulauan Cyclades ini memiliki arsitektur bangunan yang unik.

Firostefani

Di sana, Anda akan menjumpai rumah-rumah yang berwarna putih-biru. Hal ini buka nuntuk keperluan estetika, melainkan tujuan tertentu. Di antaranya, guna menahan tekanan angin di musim dingin dan sengatan cahaya matahari di musim panas. Penduduk setempat juga percaya bhawa warna putih dapat memberikan ketenangan batin. Jika penasaran, bertandanglah ke Desa fira, Firostefani, Immerovigini, atau Oia.

Tak hanya itu, Anda akan disuguhkan dengan wisata pantai yang tak kalah unik. Jika mengunjungi pantai pasir merah, junjungilah Pantai Merah yang berlokasi dik kawasan Fira. Sementara itu, pantai pasir hitam dapat Anda jumpai di Perissa. Keindahan pantai akan semakin terlihat sempurna saat senja mulai menampakkan diri.

Berkunjung ke Yunani, bleum lengkap jika tidak singgah ke Athena. Beberapa kilometer dari sana, Anda akan menjumpai Akropolis Athena (Citadel Athena) terbaik di dunia. Bangunan ikonik ini berdada di area seluasa 3 ha dengn aketinggian 150 mdpl.

Dari puncak Akropolis, Anda dapat melihat landscape Athena yang dipadati dengan bangunan-bangunan berwarna putih. Pengunjung dapat leluasa menikmati panorama sekitar karena bentangan tembok yang tidak terlalu tinggi.

Parthenon (Temple of Athena Parthenos)

Daya tarik lainnya yang dapat Anda temui di Akropolis adalah Kuil Parthenon (Temple of Athena Parthenos). Mesekipun telah dibnagun sejak 25 tahun pada abad ke-5 SM, bangunan ini masih dalam kondisi yang utuh. Tidak mengherankan jika dekorasi patung-patungnya bernilai seni tinggi.

Keunikan eropa tidak hanya terbatas pada ini. Menjelajah benua terbesar ke-3 di dunia ini memang tidak akan terselesaikan dalam hitungan hari. Masing-masing negara memaparkan kekhasan panorama alam dan kekayaan budaya yang berbeda-beda. Hal inilah yang menjadi daya magnet bagi para wisatawan agar terus-menerus mengeksplorasi negara-negara eropa dari Barat sampai ke Timur.

Baca juga : pulang ke rumah desa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s