EUROPE

KOTA KUNO YANG MASIH BERPENHUNI HINGGA KINI

HILARIUSJOURNEY.COM   – DAMASKUS, SURIAH adalah ibu kota suriah, memiliki usia yang amat tua nyaris mendekati 12.000 tahun. Dengan usia setua itu sudah barang tentu Damaskus kaya akan warna-warni sejarah yang panjang. Terletak di daerah subur dengan sungai yang melintas , Barada River, kota ini di masa lampau selalu menjadi sasaran empuk raja-raja yang ingin menaklukannya. Damaskus kini diperkirakan dihuni sekitar 4 juta jiwa.

JERICHO, TEPI BARAT usia Jericho yang disebut-sebut melampaui kota-kota kuno yang tetap ada hingga saat ini membuat kota ini disebut sebagai kota tertua di dunia. Seperti yang tercatat dalam kitab suci, tembok Jericho yang rubuh ribuan tahun lalu, hingga kini masih bisa dilihat sisa sisanya.

SUSA, IRAN atau Persia sebuah Negara di Timur Tengah yang terletak di Asia Barat Daya. Salah satu kota paling kuno Negara tersebut adalah kota Susa yang pada masa pemerintahan  Darius Agung 522-486 M menjadi ibukota Perisa. Salah satu warisan peradaban Mesopotamia Kuno yang amat bernilai tinggi bagi umat manusia adalah kumpulan hokum yang biasa disebut Codex Hammurabi.

PLODIV, BULGARIA  merupakan kota kedua terbesar di Bulgaria. Kota kuno Plodiv konon telah ada sejak 8.000 tahun lalu. Kota ini terus berkembang namun kota tua tetap bertahan. Kini kota Polodiv terbagi dua, Old Plodiv dan modern Plodiv. Kota kuno ini tetap dipertahankan dengan monument-monumen indah yang tetap lestari.

JERUSALEM, ISRAEL adalah kota di timur tengah yagn merupakan kota suci bagai agama Islam, Kristen dan yahudi. Kota ini konon telah berusia 5.000 tahun. Menurut PBB, Jerusalem akan dijadikan Kota internationasl oleh orang-orang Palestina. Jerusalem jugadianggap sebagai ibu kota Palestina . kota historis Jerusalem adalah sebuah warisan  dunia yang dilindungi oleh UNESCO mulai tahun 1981. Ktoa ini memiliki penduduk 724.000 jiwa dan luas 123 km². sepanjang sejarahnya, Jerusalem telah dihancurkan dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, dan dikuasai atau dikuasai ulang 44 kali.

ITALIA memiliki  situs warisan dunia UNESCO terbanyak. Italia tercatat sebagai Negara yang memiliki situs bersejarah warisan dunia UNESCO [Sumber : Koran Sindo, Selasa 12 Juli 2016 | Oleh : ]

KEYWORDS ;   keajaiban,peradaban,kota-kota kuno,kuno,kota,kota-kota,

TAGS :  mesopotamia,sungai Indus,mesir,maya,china,yunani,Persia,romawi,Aztec,inca.

DESCRIPTION;    Setiap lahirnya kota-kota tua selalu dibarengi dengan berkembangnya berbagai peradaban di tegngah masyarakatnya. Berikut 10 peradaban di dunia yang berusia tau dan paling populer di dunia.