TOPIK PILIHAN

PERADABAN KUNO TERTUA DAN TERPOPULER

HilariusJourney.wordpress.com   – MESOPOTAMIA dianggap merupakan peradaban ertua di muka bumi sejak evolusi manusia. Penetapan ini didasarkan karena belum ada bukti lagi yang ditemukan bahwa telah ada masayarakat sebelum mereka . timeline Mespotamia kuno berlangsung sekitar 3.300 SM – 750 SM. Mesopotamia diperkirakan menjadi tempat pertama di mana masyarakat beradab  benar-benar mulai terbentuk . sekitar 8.000 SM manusia kuno mulai menemukan konsep pertanian, dan perlahan-lahan mulai menjinakan hewan yang bertujuan  untuk makanan serta untuk membantu di bidang pertanian.

SUNGAI INDUS peradaban lembah hindus muncul di wilayah lembah Indus. Peradaban ini berkembang id daearh-daerah yang membentang dari apa yang sekarang adala htimur laut Afganishtan ke Pakistan dan India barat laut. Peradaban ini berjalan seiring  dengan mesir kuno dan Mesopotamia. Fase kejayaan peradaban sungai Indus telah berlangsung dari 2.600 SM sampai sekitar 1.900 SM.

MESIR kuno adalah salah atu peradaban tertua. Mesir Kuno dikenal karena budayanya yang luar biasa dimana piramida dan sphinx menjadi bukti kemajuan mereka. Peradaban Firaun yang megah ini berada di tepi Sungai Nil. Peradaban mesir bersatau sekitar 3.150 SM (menurut kronologi Mesir konvesional) dengan penyatuan politik Hulu dan Hilir Mesir dibawah firaun pertama. Meskipun demikian telah ada pemukiman awal di sektiar lembah Nil pada aawal 3500 SM.

MAYA  Peradaban Maya Kuno berkembang di Amerika Tengah pada sekita 2.600 SM. Maya menjadi salah satu peradaban paling canggih dengan populasi besar sekitar 19 juta pada masa kejayaannya. Pada masa 700 SM , bangsa Maya sudah merancang sendiri penulisan yang mereka gunakan untuk membuat kalender surya yang diukir batu. Menurut mereka, dunia diciptakan pada 11 Agustus 3114 SM yang merupakan tanggal awal kalender mereka dan berakhir pada 21 Desember 2012.

CHINA kekaisaran china kuno yang dikenal sebagai Han China memiliki sejarah  paling beragam diantara dinasati China yang pernah ada. Peradaban sungai Kuning dikatakan terpenting bagi seluruh peradaban  china karean ini adalah tempat dimana dinasati awal China berdiri. Saat itu sekitar 2.700 SM bahwa kaisar kuning yang legendaries mulai pemerintahannya. Hal ini merupakan titik waktu yang kemudian menyebabkan lahirnya banyak  dinasti yang memerintah China daratan.

YUNANI bukanlah peradaban tertua di dunia, tetapi menjadi salah satu peradaban paling berpengaruh di dunia. Orang-orang Yunani menciptakan Olimpiade kuno, konsep demokrasi dan senat. Mereka menciptakan dasar untuk modern geometri, biologi, fisika dan lainnya.

PERSIA  ada suatu masa ketika peradaban Persia kuno menjadi kerajaan paling kuat di dunia. Meskipun hanya berkuasa selama kruang lebih 200 tahun, Persia berhasil menaklukan banyak daerah hingga seluas 2 juta mil persegi mulai dari wilayah Mesir ke Yunani, kemudian India bahkan seluruh wilayah Asia Tengah. Kekaisaran Persia dikenal karena kekuatan militernya dan penguasa yang bijaksana. Ini terjadi pada  tahun 550 SM.

ROMAWI  masyarakat kuno Romawi diperkirakan mulai ada sejak sekitar abad ke-6 SM. Terdapat legenda dan mitos yang menyertai lahirnya bangsa Romawi kuno. Pada awalnya Roma diperintah oleh para raja. Tetapi setelah tersisa tujuh raja, Roma mengabil kekuasaan atas kota mereka asendiri dan memerintah diri mereka sendiri. Mereka kemudian memiliki dewan yang dikenal sebagai “senat” yang memerintah. Dari titik inilah Roma mulai merintis menjadi  “Republik”.

AZTEC suku Aztec muncul hampir bersamaan dan menjadi pesaing kuat bagai peradaban Inca pada 1200 M – 1300 M., penduduk mexico tinggal di 3 kota yang saling bersaing yaitu Tenochtitlan, Texcoco, dan Talcopan. Kemunculan suku Aztec   ini pada periode yang sama dengan periode jatuhnya bangsa Maya, peradaban paling berpengaruh di Mesiko  dan Amerika Tengah. Pada 1500-an awal, peradaban Aztec berada pada puncak kejayaannya. Sayang kemudian Spanyol datang dnegna rencana ekspansi mereka.

INCA merupakan peradaban terbesar di Amerika Selatan pada era pra-Columbus. Wilayahnya membentang di daerah yang sekarang ini menjadi Negara Ekuador, Peru dan Chile. Pusat administrasi militer dan politik terletak di Cusco (sekarang berada di dalam wilayah Peru). Masyarakat Inca cukup mapan dan kekaisarannya berkembang pesat sejak bediri pertama kali. Suku inca adalah pengikut setia Dewa Matahari.

Setiap lahirnya kota-kota tua selalu dibarengi dengan berkembangnya berbagai peradaban di tengah masyarakatnya. Berikut 10 peradaban di dunia yang berusia tua dan paling populer di dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s