Satu Pulau Dua Selera

Waktu sarapan dan makan siang di Pulau Rupat dibedakan dalam cerita dan selera. Azmi bin Saidi (33) sejak pukul 06.00 sudah siap dengan adonan roti canai di dekat Pantai Teluk Rhu. Tak perlu khawatir kehilangan ide untuk makan siang. Ada Uni Pesrida (47) yang membuka warung di Pantai Tanjung Lapin denngan menu khas Melayu dan Minang.

HilariusJourney.WordPress.com – Pulau Rupat, Bengkalis, Riau, sedang menggeliat. Pantai-pantainya yang alami dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka menjadi daya tarik wisatawan.

Nelayan PUlau Rupat menangkap ikan tenggiri untuk kemudian dijual ke warung-warung di sekitar Pantai Tanjung Lapin

Tiga bulan terakhir, Azmi mencoba peruntungan dengan membuka warung roti canai. Warungnya sangat sederhana, beratap dan berdinding seng bekas, tetapi tak jauh dari pantai. Keahlian mengadon roti canai didapat Azmi ketika merantau bertahun-tahun di Malaysia. ”Saya kerja ikan di Malaysia, kadang 28 hari baru pulang ke Rupat,” kata Azmi. Setelah belajar dari beberapa orang keturunan India di Malaysia, Azmi membeli meja dan tungku. Ia ingin mengakhiri balada sebagai nelayan dengan menjadi pedagang roti canai. Ketika pulang ke Desa Teluk Rhu, Rupat Utara, Azmi belajar lagi dari Bu Jarah. ”Saya ingin roti canai saya dekati aslinya di Malaysia,” katanya.

Kepiting JUmbo Lokal

Membuat adonan roti canai tergolong tidak mudah. Biasanya Azmi membuat adonan sore dan malam hari. Bahan-bahan, seperti terigu, susu, gula, garam, dan mentega, diuli (diremas) selama 2 jam tanpa henti. ”Pokoknya minimal 2 jam, tak boleh berhenti, kalau berhenti sebentar saja, adonan putus, rusak,” katanya. Kini, ketika pariwisata Pulau Rupat mulai merekah, wa- rung roti canai Azmi bisa menghabiskan 5-8 kilogram adonan canai. ”Pokoknya 1 kilo dapat 22 potong,” kata Azmi. Bukan kebetulan kalau warga Rupat ”hampir” selalu sarapan roti canai. Pengaruh kultur Malaysia sangat terasa di pulau ini. Bahkan, dulu kata Azmi, transaksi jual beli biasa dilakukan dengan ringgit. ”Kalau bahasa sih dari dulu sini pakai bahasa Melayu, seperti di Malaysia,” katanya. Warga keturunan Tionghoa, seperti Acin alias Pak Dis, hampir setiap pagi mengunjungi warung roti canai Azmi. ”Ini warung sederhana, tetapi roti canainya nomor satu di sini,” kata Acin. Pagi pada awal Maret 2017, Acin membeli lima potong roti canai kosongan yang harganya Rp 4.000 per potong. Azmi membuat tiga macam canai, selain kosongan, juga ada isian telur dan sarden. Jika isian telur Rp 7.000 per potong, isian sarden harganya Rp 10.000. ”Dijamin Anda bakalan kembali ke sini ha-ha-ha,” kata Acin mempromosikan canai bikinan Azmi. Biasanya sejak pukul 06.30 warung canai Azmi sudah penuh pembeli. Pasangan wajib roti canai tak lain adalah teh tarik telur. Anda hanya butuh Rp 15.000 untuk sekali sarapan. Sarapan sederhana, khas, dan cukup mengumpulkan kalori untuk berwisata.

Makan siang

Sop Kerang Kepah

Menu yang lebih beragam dan berat bisa Anda dapatkan ketika makan siang tiba. Di Pantai Tanjung Lapin, kira-kira berjarak 2 kilometer dari Teluk Rhu, ada Warung Uni. Wujud fisiknya sama sederhananya dengan warung roti canai Azmi. Uni Pesrida awalnya pedagang keliling asal Bukittinggi, Sumatera Barat, yang selalu mendatangi keramaian di pelosok Riau. Namun, setelah dua kali musim saparan (ritual mandi sebelum Lebaran) di Tanjung Lapin, ia memutuskan menetap di sana. Pesrida kasihan kepada pelancong yang sulit menemukan warung makan siang. Walau warungnya sederhana, menu yang disajikan Warung Uni termasuk istimewa. Hasil laut, seperti udang, kerang-kerangan, ikan, dan cumi-cumi, langsung dibawa nelayan lokal ke warung. ”Jadi ikan segar semua karena nelayan langsung bawa ke sini,” kata Pesrida. Begitu pun kepiting ukuran jumbo, yang ditangkap langsung di rawa-rawa sekitar Pulau Rupat. Selain kesegaran bahan bakunya, harga di Warung Uni tergolong istimewa. Menu berbahan kerang kepah yang dimasak sop dengan berat 0,5 kilogram seharga Rp 15.000. Kepiting saus padang seberat 8 ons seharga Rp 100.000, bahkan jika beratnya sampai 1 kilogram harganya berkisar Rp 100.000 sampai Rp 110.000. Kalau di Pekanbaru, kata Pesrida, kepiting segar seberat 1 kilogram harganya bisa mencapai Rp 200.000. ”Semuanya saya dapat dari nelayan sini semua,” kata Pesrida. Menu paling favorit di Warung Uni adalah kepiting saus padang dan sop kerang. Khusus menu sop, Pesrida memakai rempahrempah, seperti bawang merah, bawah putih, jahe, lengkuas, garam, daun jeruk, daun kunyit, dan daun salam. ”Kalau dibikin sop, semua rempah hanya diiris-iris, lalu diberi kuah,” kata Pesrida. Sop kerang rempah Uni Pesrida rasanya lembut, tetapi samar-samar terkecap aroma lautnya. Tak jarang Pesrida menerima pesanan dari rombongan wisatawan dari Pekanbaru, Bagansiapi-api, Dumai, dan Duri. ”Biasanya travelnya telepon untuk pesan menu makan siang. Itu bisa sampai lima atau delapan travel kalau pada hari libur,” ujar Pesrida. Kedua warung sederhana ini seperti saling melengkapi di Pulau Rupat.

Roti Canai

Roti canai, menu sarapan warga lokal, mengandung cerita kedekatan Pulau Rupat dengan negeri jiran Malaysia. Dalam canai dan saus kare terdapat unsur-unsur pengaruh orangorang keturunan India yang masuk melalui Malaysia. Sementara menu makan siang berupa aneka sajian makanan laut yang diolah dengan cita rasa Minang dan Melayu menjadi suguhan kultur bahari di pulau itu. Keduanya hidup bersama, berdampingan, dan saling melengkapi di Rupat sebagai representasi keberagaman dan toleransi. Jadi, jika ke Rupat, selain menyesap udara pantainya yang alami, Anda juga bisa mencecap sajian kulinernya yang penuh toleransi. [*/HilariusJourney.WordPress.com |Sumber : Kompas, Minggu, 2 April 2017 | Oleh : Putu Fajar Arcana]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s