AVONTUR |KULINER-Godaan dari Sayap Ayam

Mata bisa saja keliru, tetap rasa sulit berbohong. Ungkapan itu sepertinya pas di Restoran Hooters Jakarta. Sayap ayam dengan rasa khas di restoran asal Amerika Serikat ini bisa lebih menggoda dibandingkan pramusaji cantik dan seksi.

HilariusJourney.wordpress.comHOOTERS dikenal dengan hooters girls-nya (pramusaji) yang seksi dengan tank top dan celana di atas lutut. Mata pun bisa jelalatan. Namun, itu hanya sala hatu sisi dari berbagai sudut yang ada di resotan waralaba Destination Group asal Singapura ini.

Original Hooters Breaded Wings

 Seperti sore itu, Selasa (9/5), ketika Hooters Jakarta resmi diluncurkan di Kemang. Sembilan perempuan pramusaji menarik perhatian pengunjung. Beberapa pengunjung mengabadikan gambar mereka. Sapaan halus kelaur dari bibir merahnya.

“Mau makan apa? Di sini ada chicken wings dengan rasa khas AS atau saus lokal,” tanay salah seorang pramusaji yang mengenakan rok tenis. Alis pengunjung meninggi menandakan penasaran.

Ketika sepiring saya ayam diantarkan, pandangan sontak beralih dari sang pramusaji ke beberapa sayap ayam yang melingkar. Warnanya kemerahan. Aromanya asing, tetapi menggoda. Dalam menu namanya Original Hooters Breaded Wings.

Ketika dicicipi, campur aduk rasanya. Ada manis, asin, dan pedas dari bubuk cili (chili powder). Aneka rasa itu berasal dari saus khas restoran yang bertahan selama 30 tahun.

Sausnya ada pilihan rasa dari mild, barbecue, Thai Sweet yang manis, hingga tingkat terpedas pada saus 911, meski tak sampai membaut keringat. Ada resepnya? Rahasia perusahaan.

“Sausnya langsung didatangkan dari Hooters di AS dan Bangkok, Thailand. Kekhasan ini yang tidak dimiliki restoran ayam di sekitar sini,” ujar GM Hooters Jakarta Sherry Suradji.

Inilah yang membuat Hooters berani meramaikan kuliner Jalan Raya Kemang yang telah dipadati restoran menu ayam, seperti KFC Kemang. Apalagi, menurut Sherry, terdapat standar operasional perusahaan dalam penyajian makanan seperti suhu minyak goreng 350°F.

Sayap ayam andalan restoran ini dapat dinikmati dengan aneka pelengkap (dressing), seperti keju biru dan mustard. Daging ayamnya lunak seperti gemulainay penjelasan pramusaji cantik tentang setiap menu.

Ada juga Boneless Wings, sayap ayam tanpa tulang yang membuat perut semakin cepat terisi. Menu ayam lainnya tersaji dalam bentuk sandwich besar sepanjang 30cm dan burger bertabur selada, tomoat, jamur, dan mozzarella.

Harga yang dipatok tergantung porsinya. Untuk 6 sayap ayam harganya Rp 85.000, sedangkan untuk 18 sayap ayam mencapai Rp 220.000. Ini belum termasuk dressing yang minimal Rp 25.000 per buah.

Soal nutrisi, berdasarkan laman www.hooters.com, menu Original Hooters Breaded Wings berisi 6 sayap ayam mengandung antara lain 44 gram protein dan 820 kilo kalori. Seperti makanan cepat saji lainnya, sayap ayam tersebut juga berisi 200 mg kolesterol.

Texas Cheese Steak

Sambel hijau

Meskipun sausnya diterbangkan langsung dari AS dan Thailand, restoran itu menggunakan ayam lokal yang dari segi biaya dinilai lebih efisien. Paha dan sayap ayam lokal itu “berjaket” asing.

Apakah pada masakan juga kita “dijajah” asing? Sherry mengutarakan alasannya, “Kami mencoba menggunakan sumber daya lokal agar cita rasa setempat tidak hilang.”

Menu Barat di Hooters Indonesia juga mencoba dekat dengan lidah masyarakat setemapt. Sambal hijau, misalnay, emnadji pembeda Hooters dengan 23 Hooters lainnya di Asia serta lebih dari 400 restoran waralaba ini di AS.

Selain itu, Hooters Indonesia juga menyuguhkan sambal kacang, bumbu rendang dan sambal tomat. Namun, saus yang melumuri daging ayam tetap berasal  dari AS dan Thailand.  Ketika dipadukan, original breaded Hooters wings dengan sambal kacang, misalnya, rasanya seperti sate ayam.

Keith Brown, Presiden Hooters Asia, menyebut perpaduan tesebut sebagai kombinasi dengan budaya (kuliner) Indonesia. “Ini bentuk penyesuaian. Pakaian Hooters girl (pramusaji) juga tidak seperti di negara lain yang cukup terbuka,” ujar Brown.

Menurut dia, konsep yang ditawarkan Hooters adala hsport bar. Restoran seluasa 228 m² dan dapat menampung lebih dari 100 tamu ini dilengkapi 15 layar TV HD yang semuanya memutar program olahraga dari sepak bola hingga balap sepeda motor dari penjuru dunia. Sementara suasana bar tampak pada bir dan kursi bulat setinggi satu meter. Hooters Indonesia mengantongi izin penjualan minuman beralkohol.

Lalau mengapa pramusajinya harus berpakaian seksi? Brown mengatakan ,apkaian pramusaji sesuai suasana sport. Jika di luar negeri olahraga kerap dimeriahkan oleh pemandu sorak, di Hooters, pramusaji seperti pemadnu sorak.

Slider dengan daging ayam atau daging sapi

“Kami punya aturan. Hooters girl kam itidak boleh dicolek. Nomor teleponnya pun enggak boleh diberikan kepada tamu. Mereka sudah dilatih di Bangkok,’ ujar Sherry.

Masayarakat Indonesia yang “gila bola” dinilai menjadi potensi besar sebagai pengunjung. Namun, ia menjamin akan menghoramti adab di Indonesia seperti tidak beroperasi pada siang hari pada bulan puasa.

Petugas keamanan juga setia mengawasi gerak-gerik tamu. Soal paha ayam dengan saus khas Hooters, tamu bisa menikmatinya sambil menyaksikan laga sepak bola.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s