SKOTLANDIA | Landasan Pesawat di Pantai

EXPOSE WORLD

HilariusJourney.wordpress.comDERETAN jalur tersusun rapi. Lapisan aspal yang begitu halus menyelimuti lajur yang terkena erik mentari itu. Tampak beberapa orang sibuk mengatur lalu lintas dan bongkar muat. Begitulah gambaran sebuah Bandar udara yang biasanya pertama kali terlintas.

Akan tetapi, Bandara Barra menawarkan hal yang jauh berbeda. Bukanlah bangunan megah yang menyambut para penumpang yang baru saja turun dari pesawat, melainkan hamparan pasir dan air laut sudah siap sedia memberikan suasana menghangatkan.

Sudah mulai aktif sejak 1930-an. Bandara Barra menjadi satu-satunya airport yang digunakan untuk pelayanan scheduled airline. Traight Mhor memang  mnghampar luas, tetapi landasan untuk landing dan takeoff dapat dikatakan termasuk pendek. Landasan itu memang didesain sedemikian rupa agar tetap dapat melakukan tinggal landas atau mendarat di pantai.

The best feature of this mode of adventure travel is the ability to camp freely in the wild.

Keunikan bandara bukan berarti tidak mengindahkan keamanan penumpang. Terbukti, tiap tahun sekitar 8500 penupang melakukan penerbangan dari bandara tersebut. Perelengakapan keamanan pun tidak kurang dari bandara lain. Bahkan, petugas pemadam kebakaran pun tak jarang datang ke Bandara Barra utnuk membantu lumba-lumba atau anjing laut yang terdapar sehingga menggangu operasi penerbangan. Itulah salah satu kejadian seru yang dapat dinikmati hanya di bandara ini.

Jadi, tak perlu ragu untuk mengunjungi Traigh Mhor di Skotlandia. Selain deretan objek wisata yang menggugah hati, pengalaman utnuk mendarat di bandara yang beda sendiri tersebut juga menggugah hati untuk mencobanya. Dioperasikan oleh Highlands dan Islands Airport Limited (HAL), bandara itu menyediakan penerbagnan ke 11 bandara lain yang terletak di beberapa pualu di Skotlandia. Jadi, jangan lupa siapkan sunglasses dan topi pantai saat turun dari pesawat di Bandara Barra. [@JejajahiDunia.Com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s