HENING ITU INDAH

HilariusJourney.wordpress.com   –  HAMPARAN pasir putih beralur khas taman Jepang seolah membatasi kolam tak beriak dengan bebatuan yang teserak dalam formasi yang pas. Ini berpadu dengan latar belakang bukit yang tertutup rimbun warna-warni daun musim gugur, menancapkan kesan yang dalam. Indah.

#Taman Sogenchy di kuil Tenryuji di Arshiyama, Kyoto,Jepang, awal musim dingin Desember 2015, menjadi tujuan wisata yagn populer. Kawasan ini menjadi salah satu warisan budaya dunia.

Putihnya bunga camellia, semburat jingga pheony, dan bunga-bunga subtropics lainnya melengkapi keidnahan kompleks Kuil Tenryuji. Tak ada kaki yang menginjak dan tak ada tangan usil yang memetik. Sejumlah wisatawan tak ingin kehilangan momen indah ini untuk berfoto.

Pada pengunjung, tak menghadirkan keriuhan. Seolah semua wisatawan yang datang punya tujuan sama, mencari keheningan. Tidak perlu banyak bicara, nikmati saja keindahan ini.

Keheningan pula yang terasa saat menyusuri hutan bamboo yang berada di sekitar kuil. Berjalan di alur jalan sepanjang 500 meter yang membelah hutan bamboo dilakukan dalam senyap, hanay ada gemerisik dedaunan bamboo tetiup angin.

Mencapai Kuil Tenryuji tidaklah sulit. Dari Bandara Inerantional Kansai Osaka naik kereta sekitar 30 menit menuju Tokyo, turun di Stasiun Saga Arashimaya. Harga tiketnya 3.130 yen. Ada pun harga tiket masuk ke areal kuil 500 yen, dan tambahan 100 yen jika ingin masuk ke bangunan-bangunan di areal kuil.

Dari stasiun menuju kuil hanya butuh berjalan sekitar 600 meter. Jika ingin bersepeda, di dekat pintu kelaur stasiun tersedia penyewaan sepeda dengan tariff 1.000 yen per hari, atau dari pukul 09.00 hingga 15.00. kalau belum sempat menaruh koper di hotel, wisatawan dapat menitipkan koper di tempat penitipan dengan tariff 200 yen per koper.

Kuil Tenryuji adalah kuil Zen yang dibangun tahun 1339 ole hShogun Ashikaga Takauji untuk emngenang Kaisar Go Daigo yang tewas dalam perang sipil. Dari perang itu, keluarga Ashikaga meraih kekuasaan.

Pembangunan kuil ini dipercayakan kepada Zen master, Muso Soseki.

Keindahan dan keunikan kuil ini telah membuat UNESCO pada tahun 1994 menetapkan Kuil Tenryuji sebagai Warisan Budaya Dunia (World Cultural Heritage).

Damai. Hanya itu kata yang terlintas saat melepas pandangan ke Taman Sogenchy di Kuil Tenryuji di kawasan arashiyama, Kyoto, Jepang, awal Desember tahun silam.

Jembatan Sagano

Arashiyama tak hanya dikenal karena Kuil Tenryuji. Dari literature yagn ada, daerah ini menjadi tujuan wisata sejak periode Heian (794-1185). Wilayah di belahan selatan Kyoto ini semakin kuat daya tariknya terutama saat sakura bermekaran dan saat musim gugur.

Salah satu yang menjadi penanda pesona wilayah itu adalah Jembatan Togetsukyo, yang juga biasa disebut Sagano. Jembatan yang dibangun pada masa pemerintahan Heian dan direkonsturksi kembali tahun 1930-an in menjadi tempat  favorit wisatawan ber-selfie ria.

Belatar belakang gugusan bukit yang rimbun dengan dedaunan warna-warni saat msuim gugur, dan memutih semburat jingga saat sakura berbunga, membuat pelancong ingin mengabadikan momen keberadaannya di Sagano.

Meskipun saat musim liburan jembatan ini padat dengan lalu lalang pelancong dan kendaraan, dan sesekali melintas rickshaw, tidak ada kesan semerawut. Semuanya berjalan penuh keteraturan, tak ada sampah yang beserakan meski di sekitar jembatan berderet toko dan kedai makanan.

Suasana tenang, bersih dan semilir angin sejuk membuat betah berlama-lama duduk di tepian Sungai Hozu yang ada di sisi barat jembatan, atau di tepian Sungai Katsura yagn ada di sisi timur jembatan, sambil melihat sesekali remaja-remaja Jepang berkimono melintas menuju kuil.[Sumber : Kompas, Rabu, 16 Maret 2016 | Oleh : Elly Roosita]

#Keindahan pepohonan dengan daun berwarna-warni di Taman Sogenchy di kawasan Kuil Tenryuji, Arashiyama, Kyoto, Jepang, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s