LANGGAM WISATA | Surga Tropis di Pulau Dewata

Sosok raksasa bermahkota emas itu meradang. Matanya nyalang, menatap kejam lawan yang digenggam. Di kakinya, pasukan wanara atau kera merambat naik, berusaha menaklukan sanga raksasa. Kumbarakarna berseru, meneriakkan geram dalam perang. Kumbarakarna Laga, nama patung itu.

hilariusJourney.wordpress.comKUMBARAKARNA, adik Rahwana, tokoh pewayangan dalam epos Ramayana tersebut menajdi salah satu ikon atraktif di Kebun Raya Bali. Berwarna putih keabu-abuan dengan sepuhan cat keemasan, patung ini berada di persimpangan utama di Kebun Raya Bali, berdekatan dengan lokasi Bali Treetop Adventure Park. Kumbakana Laga menggambarkan pertempuran antara Rama yang dibantu para pasukan kera. Saat cuaca seang cerah, Kumbakarma Laga tampak berdiri gagah berlatar langit biru yang indah.

Daya tarik Kebun Raya Bali tentu tidak hanya Kumbakarma Laga. Ada sudut-sudut hijau untuk dijelajahi. Senggangkan waktu Anda di Bali untuk mengunjungi kebun raya yang berlokasi di kawasan Bedugul ini.

Konservasi dan rekreasi

Wisatawan lokal menyebutnya Kebun Raya Bali, sementara masyarakat Bali menyebutnya Kebun Raya Bedugul. Namun, nama resminya adalah Kebun Raya Eka Karya Bali. Tempat ini, sepeti Kebun Raya Bogor, difungsikan sebagai pusat konservasi botani, pusat riset, sekaligus destinasi wisata.

Kebun Raya Bali menyimpan lebih dari 2.000 spesiees tanaman di lahan seluas lebih dari 157 ha. Begetasi di Kebun Raya Bali sebagian merupakan vegetasi alami di daerah Bali, sebagian lagi berasal dari berbagai kawasan di Indonesia seperti Sulawesi, Papua, serta daerah Nusa Tenggara. Contoh tanaman di dalamnya, antara lain kaktus, tumbuhan paku-pakuan, anggrek, dan pepohonan tropis Indonesia.

Sebagain dari beragam jenis tanaman di Kebun Raya Bali ini terbagi menjadi sejumlah zona. Di antaranya, Taman Kaktus, Taman Mawar, Taman akuatik, Taman Begonia, dan Taman Lumut. Taman kaktus adalah destinasi yang menarik karena dibangun dalam suatu rumah kaca. Di dalamnya, cahaya melimpah ke dalam ruangan yang cantik dengan kaktus-kaktus beraneka jenis yang ditata apik. Total, ada lebih dari 65 spesies kaktus di dalam Taman Kaktus ini.

Pesona Taman Kaktus berbanding terbalik dengan Taman Mawar. Mungkin Anda akan mengharapkan hamparan mawar molek warna-warni memenuhi area Taman Mawar. Nyatanya, meskipun area gerbang cukup menarik, bagian dalam Taman Mawar justru terkesan sepi. Hanay ada beberaap pohon mawar yang memamerkan bunganya.

Namun, tidak perlu kecewa. Ada banyak tempat menarik di dalam Kebun Raya Bali. Pilihan lainnya, Anda dan rombongan bisa besantai di area padang rumput did alma Kebun Raya Bali. Padang rumput yang tampak selalu menghijau ini berada di bagian Kebun Raya Bali dengan topografi yang menurun. Namun, nilai plusnya, pemandangan indah tersaji di depan mata. Anda bisa leluasa memandang alam hijau Bali di padang rumput ini.

Jika Anda tertarik menguji nyali atau ingin mengikuti kegiatan outbound, datangilah area Bali Treetop Adventure Park. Di dalamnya terdapat jembagtan tali, flying fox, dan wahana permainan outbound lainnya. Suasananya tampak teduh berkat naungan pepohonan rindang.

Akses

Yoga (23), pemandu wisata di Bali, menuturkan, Kebun Raya Bali kerap menjadi tujuan studi para mahasiswa jurusan biologi dari berbagai perguruan tinggi, baik dari Bali maupun Jawa. Mereak tinggal di daalm mes yang tersedia di kawasan Kebun Raya Bali. Tersedia pula penginapan di dalamnya yang bisa disewa masyarakat umum.

Kebun Raya Bali memang terbuka utnuk umum sebagai lokasi wisata. Sayangnya, hanya mobil atau kendaraan roda empat yang boleh memasuki dan mengitari kawasan tersebut. Selai nkendaraan yang digunakan petugas dan penjaga, serta pegawai lainnya, kendaraan roda dua atau sepeda motor diwajibkan parkir di luar, pada area parkir yang telah disediakan.

Berkendara dengan mobil akan terasa lebih menyenangkan karena anda dan rombongan bisa melalui jalan beraspal mulus yang mengitari isi Kebun Raya Bali. Adna pun bisa berhenti di tujuan yang diinginkan. Jika tidak membawa mobil, Anda bisa menyewa kendaraan roda empat di Kebun Raya Bali.

Sebenarnya berjalan-jalan tanpa berkendara di area Kebun Raya ini pun tidak kalah menyenangkan meskipun ruas jalan di dalamnya diwarnai tanjakan dan turunan.

Namun, justru Anda bisa leluasa menyingkap sisi dalamnya tanpa harus repot mencari lokasi parkir. Bahkan, Anda pun bisa menemukan spot-spot menarik untuk berfoto. Udara sejuk dan segar di Kebun Raya Bali juga menyirnakan keringat dan mengusir lelah.

Tips

 Masi Namun, dibandingkan dengan obyek wisata Bali lainnya yang kebanyakan pantai, tempat ini memang kurang populer.

Kebun Raya Bali ini didirikan atas inisiasi Kepala Badan Pusat Penelitian Lingkungan Prof Ir Kusnoto Setyodiwiryo dan Kepala Badan Konservsai Lingkuang dan Pelestarian I Made Taman pada masa itu.

Perlu waktu sekitar 1,5-2 jam untuk mencapai Kebun Raya Bali dari pusat kota Denpasar. Namun, jika kondisi jalanan macet, waktu tempuh bisa mencapai 3-4 jam. Sebaiknya berangkatlah pagi-pagi agar kondisi Kebun Raya Bali masih sepi sehingga Anda leluasa menjajaki setiap sudutnya.

Berlokasi di dataran tinggi, yaiut 1.250-1.450 mdpl, Kebun Raya Bali mempunyai suhu yang sejuk dan sesuai untuk loksi tumbuh vegetasi daerah tropis hingga subtropics. Siang hari, suhu di sekitar Kebun Raya Bali bisa mencapai sekitar 17-25°C. Namun, pda malam hari, suhu bisa turun hingga mencapai dibawah 15°C. jika anda tidak tahan dingin, sebaiknya kenakan pakaian hangat atau jaket ketika mengunjungi Kebun Raya Bali. [*/hilariusjourney.wordpress.com | sumber : Kompas, 23 Februari 2017 | Oleh : MIL]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s